Home > Serba Serbi

Humor Gus Dur: Ditanya Penyebab Gempa Bantul, Mungkin Nyai Roro Kidul Dipaksa Pakai Jilbab

Gus Dur selalu punya jawaban setiap kali mendapatkan pertanyaan atau diminta tanggapan. Jawabannya tak jarang yang mencengangkan
Keterangan: KH. Abdurrahman Wahid
Keterangan: KH. Abdurrahman Wahid

Sumber: Republika

NYANTRI--Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur selalu punya humor yang diceritakan kepa khalayak. Humor itu baik ia mengarang sendiri atau berdasarkan pengalamannya sendiri. Namun biasanya humor Gus Dur mengejutkan dan penuh makna.

Dikutip dari Jas Hijau, Gus Dur menceritakan saat menjadi narasumber di stasiun TVRI. Ia dimintai pendapat oleh presenternya tentang penyebab terjadinya gempa di Bantul.

Gus Dur pun bingung menjawab permintaan presenter tersebut. Pasalnya, ulama kelahiran Jombang, Jawa Timur itu bukan ahli geologi.

"Loh, bayangin dong, saya bukan ahli geologi, bukan apa tapi ya sudah saya jawab 'itu mungkin gempa bumi terjadi karena nyai Roro Kidul itu dipaksa pakai jilbab," jawab Gus Dur.

Gus Dur mengatakan Kasad tertawa terbahak-bahak mendengar cerita itu. Dan setiap bertemu selalu teringat dengan cerita tersebut.

× Image