Home > News

KKN UIN Sunan Kalijaga Gelar Sosialisasi Digital Marketing ke Masyarakat Pacitan

KKN UIN Sunan kelompok 304 memandang kemampuan digital marketing bagi UMKM dibutuhkan
Kelompok 304 KKN UIN Sunan Kalijaga
Kelompok 304 KKN UIN Sunan Kalijaga

PACITAN,NYANTRINEWS.ID--Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 114 mengadakan sosialisasi pengembangan UMKM di dusun Klepu, desa Dadapan, kecamatan Pringkuku, kabupaten Pacitan, dengan tema “Sosialisasi Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing” di Balai Dusun Klepu, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Sabtu (27/07/2024). Sosialisasi tersebut diadakan dalam rangka mengembangkan UMKM masyarakat di desa Dadapan.

Kepala desa Dadapan, Ismono mengatakan digital marketing sangat penting di dalam memasarkan produk UMKM. Maka dari itu pelaku UMKM atau pengusaha di desa Dadapan diharapkan dapat membentuk marketnya masing-masing secara online, sehingga pemasarannya menjadi lebih luas lagi.

“Jadi market ini harus dibentuk oleh kita karena pada era nanti rumah makan itu, meja dan kursinya sepi, karena proses jual-belinya lewat online,” ujar Ismono dalam sambutannya.

Dosen pendamping lapangan, Rizal menyampaikan acara ini merupakan salah satu bentuk dari pengabdian dan kontribusi mahasiswa KKN dalam mengembangkan pengusaha dan pelaku UMKM di desa Dadapan.

“Jadi anak-anak KKN ini ingin mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat dan ingin belajar. Dan semoga KKN ini ke depannya semakin bagus, sehingga dirasakan kemanfaatan dan kontribusinya oleh masyarakat desa Dadapan,” kata Rizal

Sementara itu, Ketua kelompok 304 KKN UIN Sunan Kalijaga, Fazlur Rahman menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat di desa Dadapan yang telah menyambut hangat mahasiswa KKN, khususnya dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tersebut. Sebagai desa pariwisata yang memiliki banyak potensi alam, termasuk banyaknya pengusaha dan UMKM, harapannya acara ini menjadi ilmu yang bermanfaat di dalam meningkatkan UMKM di desa Dadapan melalui digital marketing.

“Semoga dengan digelarnya sosialisasi pemberdayaan UMKM melalui digital marketing ini dapat memberikan manfaat kepada pengusaha dan pelaku UMKM di desa Dadapan ini, sehingga ke depannya semakin berkembang dan sukses bersama-sama”, ucap Fazlur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Farid Rahmawan selaku perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perindustrian Pacitan sekaligus memberikan materi kepada para peserta tentang pemasaran UMKM melalui teknik digital marketing.

Kemudian dilanjutkan dengan praktik penambahan lokasi google maps dari masing-masing pengusaha dan para pelaku UMKM. Hal itu disampaikan oleh Roykhan Asy Syafiq, salah satu anggota dari KKN UIN Sunan Kalijaga.

× Image