Home > Agama

Tiga Qori dan Qoriah Terpopuler, Nomor Satu Jadi Ingat Suasana Jelang Shalat Maghrib

Selain qoriah Ustazah Hj Nadia Hawasyi yang disawer dalam acara Maulid Nabi di Tangerang Banten dan kini viral, ada banyak qori dan qoriah populer di Indonesia
Dokumen Republika
Dokumen Republika

NYANTRI--Viral di media sosial tentang seorang qoriah bernama Ustazah Hj Nadia Hawasyi yang sedang membaca Alquran di atas panggung dalam sebuah acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tengarang, Banten disawer oleh beberapa orang. Aksi menyawer tersebut mendapatkan respon kecaman dari berbagai ulama dan masyarakat karena melanggara kesopanan bahkan ada yang menilai haram.

Qori adalah seseorang yang melanjutkan alquran dengan mentaati tuntutan tajwid yang benar dan dilantunkan dengan berbagai nada-nada. Biasanya para qori menguasai teknik pembacaan alquran yang benar dan suara bagus nan merdu.

Berikut tiga qori dan qoriah terpopuler asal Indonesia yang banyak didengar oleh umat Muslim Indonesia.

Muammar ZA

Lantunan ayat-ayat alquran dari qori asal Pemalang ini sudah taka sing di telinga umat Islam Indonesia. Lantunannya sering disetel di masjid-masjid jelang maghrib. Ia adalah qori’ senior yang dikenal hingga dunia internasional. Mendengarkan lantunan ayat suci Muammad ZA akan membawa diri ini ke suasana jelang shalat maghrib.

Salman Amrillah

Salman Amrillah adalah juara 1 MTQ Internasional di Iran pada 2019. Lantunan ayat-ayat sucinya juga banyak didengar oleh masyarakat Muslim Indonesia. Pria kelahiran 1990 itu mengharumkan nama bangsa di tahun 2019. Ia mampu mengalahkan qori dan qoriah dari 83 negara peserta. Video-videonya saat sedang melantunkan ayat suci alquran banyak dijumpai di berbagai platform media seperti youtube.

Maria Ulfa

Jauh sebelum Nadia Hawasyi, ada nama qoriah Indonesia yang lantunannya seringkali menghiasai telingan umat Islam Indonesia. Wanita asal Lamongan Jawa Timur kelahiran 21 Desember 1955 itu menjadi wanita pertama yang memenangkan MTQ Internasional di Malaysia pada 1980. Kemampuannya sudah diakui dunia internasional.

Itu dia tiga qori dan qoriah asal Indonesia yang kemampuannya diakui dunia.

× Image