Home > News

Mengapa PBNU Mau Tawarkan Banser ke KPU?

Dengan penuh candaan setelah pertemuan Komisioner dan PBNU, Gus Yahya mengatakan siap mengizinkan Banser membantu KPU jika dibutuhkan

NYANTRI--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari dan jajarannya beberapa hari lalu bersilaturahmi ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Mereka diterima langsung oleh Ketum PBNU KH Yahya Cholis Staquf atau Gus Yahya. Salah satu poin dalam pertemuan tersebut adalah PBNU siap memperbantukan Banser kepada KPU. Mengapa PBNU mau memberikan bantuan Bansernya kepada KPU?

Ketum PBNU Gus Yahya menyampaikan dalam konferensi pers usai pertemuan tertutup bahwa pengerahan Banser untuk membantu kelancara pemilu 2024. Namun itu baru tawaran jika memang hal tersebut dibutuhkan. Apalagi ketua KPU saat merupakan mantan Kasatkorcab Banser Jawa Tengah.

“Karena itu kita sudah menyumbangkan satu Banser untuk jadi komisioner,” kata Gus Yahya.

Namun Gus Yahya menegaskan PBNU akan lebih fokus dalam membantu KPU terkait pendidikan politik kepada warga. Hasyim Asy’ari juga tak menampik jika memang Banser bisa dimintai bantuannya jika memang dibutuhkan.

Pimpinan KPU ini sedang melakukan tur ke berbagai kelompok dan ormas masyarakat untuk meminta dukungan agar pemilu 2024 berjalan lancar. Sebelumnya mereka juga menemui pimpinan PP Muhammadiyah.

× Image