Home > Agama

Gak Usah Was-Was, Ini 5 Ulama Kita yang Rajin Berziarah ke Makam Para Wali

Banyak Ulama Nusantara rajin melakukan ziarah kubur terutama kepada makam para wali
aktivitas para peziarah di Makam Sunan Kalijaga
aktivitas para peziarah di Makam Sunan Kalijaga

dok. republika

NYANTRI--Ziarah kubur baik itu ke makam keluarga atau waliyullah sudah menjadi tradisi sebagian besar umat Islam Indonesia. Biasanya mereka memilih hari-hari tertentu untuk melaksanakan ziarah seperi malam Jumat atau di hari libur kerja.

Banyak makam-makam para waliyullah di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh peziarah setiap harinya dan meningkat di hari libur dan malam Jumat. Makam penyebar agama Islam Nusantara seperti Walisongo merupakan tempat yang banyak menjadi tujuan utama peziarah baik datang berkelompok ataupun individu.

Ulama-ulama kita juga gemar berziarah ke makam-makam para Waliyullah, ulama besar dan tentunya kepada para keluarga mereka. Berikut ulama-ulama kita yang gemar berziarah:

1. KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

Sudah banyak kesaksian dan cerita bahwa mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Presiden RI ke-4 ini gemar berziarah kubur. Bahkan Gus Dur bisa saja tiba-tiba tanpa terduga berhenti di suatu tempat karena mengaku ada makam wali dan ingin menziarahinya.

2. Habib Lutfi bin Yahya

Ulama kharismatik asal Pekalongan ini juga gemar melakukan ziarah di tengah-tengah kesibukannya dalam berdakwah. Ia diketahui sering melakukan ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat. Ia sering mengajak jamaahnya untuk berziarah ke makam para wali dan orang tua yang meninggal.

3. Ustaz Abdul Somad juga ulama yang gemar melakukan ziarah. Tak jaran di tengah-rengah agenda dakwanya ia menyempatkan ziarah ke makam ulama atau waliyullah tempat ia akan berceramah. Salah satu makam waliyullah yang pernah ia ziarahi adalah makam pendiri NU Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari di Jombang, Jawa Timur.

4. Mantan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siraj juga di antara ulama Indonesia yang gemar berziarah kubur khususnya ke makam para wali. Makam para pendiri NU, Walisongo dan Syaikhona Kholil sering ia datangi.

5. Almarhum KH. Maimoen Zubair atau Mbah Moen juga ulama khawarismatik asal Rembang yang gemar berziarah. Meninggal di Makkah pada 9 Agustus 2019, Mbah Moen dimakamkan di pemakaman Ma’la Makkah dekat dengan makam Istri Rasulullah, Siti Khadijah. Hingga saat ini makamnya tak pernah sepi dari para peziarah khususnya dari Indonesia.

BacaanTerkait: https://nyantri.republika.co.id/posts/197326/mau-ziarah-ke-makam-waliyullah-ini-adab-yang-harus-diperhatikan

https://nyantri.republika.co.id/posts/197250/mau-ziarah-ke-cirebon-dan-karawang-ini-3-makam-waliyullah-wajib-dikunjungi

× Image