Home > Serba Serbi

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Solo, Dijamin Ketagihan

Tidak Sah jika pergi ke Solo tidak mencicipi kuliner malamnya
Dok. Pemkot Surakarta
Dok. Pemkot Surakarta

NYANTRI--Solo salah satu kota tujuan wisata pada wisatawan pada akhir pekan atau hari libu nasional. Biasanya Solo menjadi satu paket tujuan dengan Yogyakarta. Mengapa Solo menjadi daya tarik wisatawan? Itu tak lepas dari faktor salah satunya branding budaya Jawa karena di sana masih ada sistem pemerintahan kerajaan yakni Keraton Solo.

Ada banyak sisi yang bisa eksplore di kota ini salah satunya wisata kuliner malam. Nah berikut 5 kuliner malam yang bisa Anda cicipi di Kota Solo:

1. Angkringan

Tidak rasanya sah jika berwisata ke Solo tidak mencicipi menu makan di angkringan. Seperti di Yogyakarta, Anda akan menemukan di setiap sudut-sudut kota ini gerobak-gerobak angkringan yang biasanya buka sampai dini hari sejak sore hari. Tetapi ada juga yang menjual di pagi dan siang namun itu jarang.

Di angkringan Anda dapat memilih menu-menu sederhana dengan harga sangat murah seperti nasi kucing, gorengan, tusukan dan minuman teh atau jahe. Dengan uang Rp 10 ribu mungkin sudah cukup membuat perut kenyang.

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/197490/jadwal-lengkap-porseni-nu-2023-solo

2. Sate Buntel Tambak Segaran

Kuliner ini salah satu yang populer di Solo. Sate ini terbuat dari olahan daging kambing. Alamatnya terletak di Jalan Sutan Syahrir No. 149, Banjarsari, Kota Solo. Malam-malam enak kulineran di sini sambil menikmati suasana malam. Untuk harga jelas di atas angkringan, tapi dengan membawa uang Rp 100 ribu lebih dari cukup

3. Harjo Bestik

Anda tidak usah jauh-jauh ke Eropa untuk mencicipi beef steak ala Eropa. Karena di Solo ada warung yang sudah populer menjual beef steak ala Eropa ini yang dipadukan dengan nasi putih khas Indonesia. Anda bisa menikmati ini di Harjo Bestik sebuah warung makan tenda di jalan dr. Rajiman, Kapten Mulyadi dan Jalan Veteran. Menunya cukup banyak pilihan yakni bestik uritan ayam dan brutu dan Bestik Telon yakni terdiri dari tiga jenis daging sesuai permintaan pelanggan.

4. Soto Segar Mbok Ronggeng

Soto salah satu makanan yang wajib Anda cicipi ketika pergi ke Solo. Sambil menikmati keindahan malam di kota ini, Soto Segar Mbok Ronggeng salah satu yang populer. Terletak di Jalan Letjen S. Parman, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Di sini menyediakan soto dengan daging yang empuk ditambah nasi dan tauge. Anda tidak usah takut kelaparan tengah malam karena soto ini baru buka sekitar pukul 23.00 WIB.

5. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro juga bisa menjadi pilihan Anda jalan-jalan malam di Kota Solo. Anda dapat menikmati suasana ramainya tempat ini layaknya pasar malam. Tetapi Anda tidak bisa setiap malam ke tempat ini sebab hanya buka setiap hari Sabtu. Tenant-tenant kaki lima akan Anda temukan di tempat ini. Anda juga bisa melakukan tawar-menawar bisa sampai 90 persen dari harga. Tapi masak iya Anda tega menawar hingga 90 persen? Hehe

Kuliner-kuliner kecil dan makan berat juga bisa Adan temui di tempat ini.

× Image