Home > Agama

Ibadah yang Dianjurkan Dikerjakan di Malam Jumat

Malam Jumat dianggap sebagai malam istimewa bagi umat Islam
ilustrasi shalat (dok. republika)
ilustrasi shalat (dok. republika)

NYANTRI--Malam jumat adalah malam istimewa di antara malam lainnya bagi umat Islam. Pasalnya hari Jumat dipandang sebagai Sayyidul-Ayyam. Oleh karena itu dianjurkan kepada umat Islam agar memperbanyak ibadah di hari Jumat. Dan pada malam Jumat banyak dari mereka yang melaksanakan ibadah khusus seperti ziarah, tahlil atau membaca ayat-ayat tertentu di dalam Al Quran dan melaksanakan shalat sunnah tertentu.

Aktivitas ibadah apa yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada malam Jumat dan hari Jumat? Menurut Imam Syafi’I memperbanyak shalawat dan membaca membaca surat Al Kahfi sangat dianjurkan.

Keutamaan surat Al Kahfi sudah banyak dijelaskan di berbagai literatur sebagaimana dilansir dari NU Online bahwa membaca Al Kahfi dapat melindungi manusia dari Dajjal. Hal tesebut sesuai dengan riwayat yang dikemukakan Imam Syafi’i:

(قَالَ الشَّافِعِيُّ) أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنُ مَعْمَرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ( قال الشَّافِعِيُّ ) وَبَلَغَنَا أَنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ وُقِيَ فِتْنَةَ الدَّجَّالِ. ( قال الشَّافِعِيُّ ) وَأُحِبُّ كَثْرَةَ الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي كُلِّ حَالٍ وَأَنَا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَتِهَا أَشَدُّ اسْتِحْبَابًا وَأُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَهَا لِمَا جَاءَ فِيهَا

Artinya: Imam Syafii berkata: Telah mengabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat. Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal. Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak-banyak membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat). Begitu juga saya suka membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini. (Muhammad Idris asy-Syafi’i, Al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, halaman: 207).

Kendati demikian umat Islam juga diperbolehkan jika memiliki bacaan khusus di malam Jumat atau hari Jumat. Karena sifat dari baca-baca yang disebutkan di atas hanya bersifat sunnah artinya jika tidak dilakukan tak akan mendatangkan dosa.

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/195952/mengapa-dianjurkan-sedekah-di-hari-jumat-

https://nyantri.republika.co.id/posts/197359/mengapa-ziarah-ke-makam-para-wali-itu-penting-ini-alasannya

https://nyantri.republika.co.id/posts/197326/mau-ziarah-ke-makam-waliyullah-ini-adab-yang-harus-diperhatikan

× Image