Home > Serba Serbi

Tips Atur Waktu Tidur Saat Bulan Puasa Agar Tetap Bugar

Kebutuhan ideal tidur orang dewasa antara 6-8 jam menurut ilmu kesehatan
Seorang Wanita Tidur (dok. republika)
Seorang Wanita Tidur (dok. republika)

NYANTRI--Ketika bulan ramadhan banyak waktu tidurnya berantakan. Ada yang bisa tidur sepanjang hari sejak usai shalat subuh hingga jelang buka puasa. Namun mereka begadang sepanjang malam. Hal ini sejatinya sangat tidak baik. Karena meskipun tengah berpuasa mereka seharusnya tetap produktif dan tubuh tetap kuat sepanjang hari.

Lalu bagaimana tips mengatur jam tidur saat berpuasa agar tetap memenuhi waktu tidur ideal bagi orang dewasa selama 6-8 jam?

Tidur Lebih Awal

Cobalah Anda tidur lebih awal dari biasanya. Misalnya biasa tidur antara pukul 23.00 hingga 00.00 WIB. Maka diusahakan tidur pukul 22.00 WIB atau pukul 21.00 WIB. Ini bisa Anda rencanakan usai shalat tarawih. Agar cepat tidur dapat menjauhkan barang elektronik seperti handphone.

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/208739/doa-khusus-pagi-hari

Curi Waktu Tidur Siang

Sempatkanlah mencuri waktu tidur siang meskipun hanya 20 menit. Hal ini dipandang dapat membantu memulihkan energi. Tidur siang juga dinilai dapat membantu meringankan stress karena kurang tidur di malan hari.

Membangun Suasana Nyaman

Ini penting agar Anda bisa lebih mudah memejamkan mata sehingga setelah bangun badan merasa segar. Tidur Anda akan berkualitas.

Ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar puasa tidak menganggu kebutuhan tidurmu. Mungkin bisa jadi Anda memiliki cara lain lebih dari yang disebutkan di atas.

Artikel Menarik Lainnya: https://nyantri.republika.co.id/posts/208742/batalkah-puasa-kita-jika-tertelan-air-kumur-

× Image