Home > Agama

Alasan Bersedekah Dianjurkan pada Hari Jumat

banyak umat Islam berbondong-bondong sedekah di hari Jumat
ilustrasi sedekah di hari Jumat (dok. republika)
ilustrasi sedekah di hari Jumat (dok. republika)

NYANTRI--Jumat adalah hari istimewa yang dianjurkan memperbanyak melaksanakan ibadah kebaikan. Dan biasanya banyak umat Islam berlomba-lomba bersedekah di hari Jumat. Mengapa banyak orang dan ulama menganjurkan agar memperbanyak sedekah di hari Jumat?

Menurut Imam Syafi’i sebagai dikutip dari laman resmi MUI mengatakan dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang diperintahkan di hari dan malam Jumat” meriwayatkan hadis: “ Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’,” (Imam Asy Syafi’I, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Baca Juga: Download Lagu Islami dari Yotube Pakai MP3 Juice, Mudah Prosesnya

Selain itu, bersedekah di hari Jumat pagi dan hari-hari lainnya akan didoakan oleh malaikat. Abu Huraira RA berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak’. Malaikat lain berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah’,” (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu sebagai umat Islam hadis-hadis tersebut seharusnya memacu kita untuk bersedekah khususnya pada hari Jumat. Namun sejatinya bersedekah tak hanya terpaku pada satu hari tertentu saja melainkan Anda dapat kapanpun melakukannya. Bentuk sedekah pun tidak harus dengan barang yang berharga dan banyak. Namun yang penting adalah layak dan bermanfaat kepada sesama.

Artikel Menarik Lainnya: Gus Dur Niat Bikin Open House Tampung Masukan, Tapi Malah Tampung Keluhan

Tsuwaibah, Ibu Susuan Nabi Muhammad, Budak Abu Lahab

Download Lagu Video Lagu dari Youtube Pakai MP3 Juice, Lalu Simpan di HP

× Image