Home > News

Haedar Nashir Klaim Muhammadiyah Bukan Lagi Ormas Islam Nomor Dua di Indonesia

Selama ini Muhammadiyah dipandang sebagai Ormas Islam terbesar kedua di Indonesia dari sisi jumlah massa
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dok. republika)
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dok. republika)

NYANTRI--Di Indonesia Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah adalah dua organisasi Islam terbesar. Namun selama ini banyak yang mengeklaim bahwa Muhammadiyah masih kalah jumlah anggota dibandingkan NU. Meskipun secara pasti belum ada yang menunjukkan angka tersebut.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengeklaim Muhammadiyah kini bukan lagi organisasi nomor dua melainkan ormas Islam modern terbesar di dunia. Menurut Haedar ukuran kuantitas untuk menilai seberapa besar ormas Islam tersebut tidak lagi relevan. Justru sekarang adalah ukuran yang dipakai berdasarkan kualitas.

“Boleh jadi dari aspek massa tidak sebesar yang lain, tapi dari aspek kemajuan, Muhammadiyah yang sering disebut sebagai organisasi Islam modern, reformis dan berkemajuan yang terbesar di Indonesia dan di dunia,” kata Haedar dalam pidatonya pada perayaan Milan ke-31 RS Islam Jakarta Sukapura, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Baca Juga: Ini 10 Ormas Islam Terpopuler di Indonesia

Ia mengungkapkan para ahli sekarang mulai mengubah tolak ukur dalam melihat ormas Islam dari kuantitas kepada kualitas. Ia mencontohkan bagaimana peran Muhammadiyah di era pandemic Covid-19 sangat besar di lapangan. Oleh karena itu, Haedar berharap rumah sakit di bawah naungan Muhammadiyah agar terus berbenah dan mempertegas ciri sebagai organisasi modern, salah satunya dengan penguatan siste,

Ormas Islam yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan ini telah menyumbangkang banyak gagasan melalui tokoh-tokohnya sejak awal berdirinya. Pendidikan dan kesehatan adalah dua hal yang paling menonjol dari Ormas Islam ini.

Artikel Menarik Lainnya: Gus Dur Niat Bikin Open House Tampung Masukan, Tapi Malah Tampung Keluhan

MP3 Juice: Download Lagu Religi dari Youtube, Mudah dan Gratis Semaunya

Download Lagu Video Lagu dari Youtube Pakai MP3 Juice, Lalu Simpan di HP

Download Lagu dari Youtube Pakai MP3 Juice, Mudah dan Cocok Buat Libur Akhir Pekan

× Image