Home > Sejarah

Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy'ari Sama-Sama Keturunan Walisongo

Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy#039ari adalah pendiri Muhammadiyah dan NU
Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy'ari (dok. Muhammadiyah)
Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy'ari (dok. Muhammadiyah)

NYANTRI--Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) adalah dua organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dalam sejarah perjalanan organisasi tersebut berdiri telah banyak sumbangsih yang mereka berikan untuk agama, bangsa dan negara. Namun fakta di lapangan masih ada pihak-pihak yang berusaha membenturkan dua organisasi ini karena adanya beberapa perbedaan pendapat.

Sejatinya tak perlu ada pihak-pihak yang berusaha memperkeruh keadaan dengan membenturkan Muhammadiyah dan NU. Sebab kedua pendiri organisasi tersebut yakni KH Ahmad Dahkan dan KH Hasyim Asy’ari juga keturunan Walisongo. Mereka juga sama belajar kepada guru yang sama di antaranya kepada Kiai Soleh Darat.

Pun saat di Makkah, Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari juga berguru kepada guru yang sama yakni Syeikh Ahmad Khatib. Dikutip dari muhammadiyah.or.id fakta lain menunjukkan bahwa Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari juga keturunan Walisongo.

Walisongo adalah Sembilan ulama yang berjasa besar dalam penyebaran Islam di Jawa. Di antara Sembilan wali tersebut, dua di antaranya yakni Sunan Gresik (Syekh Maulana Malik Ibrahim) dan Sunan Giri ( Raden Paku) keturunannya kelak menjadi berkah bagi Indonesia yakni Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari.

Berikut silsilah Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari

Kiai Ahmad Dahlan Keturunan Sunan Gresik dengan urutan silsilah sebagai berikut:

KH. Ahmad Dahlan ibn KH. Abu Bakar ibn KH. Muh. Sulaiman ibn Kiai Murtadhlo ibn Kiai Ilyas ibn Demang Juru Kapindo ibn Demang Juru Sepisan ibn Maulana Sulaiman ibn Maulana Fadhilah ibn Maulana Ainul Yakin ibn Maulana Ishak ibn Maulana Malik Ibrahim.

Sunan Gresik adalah Walisongo paling senior dan paling awal berdakwah di Jawa. Dari catatan As-Sayyid Bahruddin Ba’lawi dalam Ensiklopedi Nasab Ahlul Bait , Maulana Malik Ibrahim adalah seorangh sayyid atau keturunan Nabi Muhammad.

Urutannya sebagai berikut:

As-Sayyid Maulana Malik Ibrahim ibn As-Sayyid Barakat Zainal Alam ibn As-Sayyid Husain Jamaluddin ibn As-Sayyid Ahmad Jalaluddin ibn As-Sayyid Abdullah ibn As-Sayyid Abdul Malik Azmat Khan ibn As-Sayyid Alwi Ammil Faqih ibn As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath ibn As-Sayyid Ali Khali’ Qasam ibn As-Sayyid Alwi ibn As-Sayyid Muhammad ibn As-Sayyid Alwi ibn As-Sayyid Ubaidillah ibn Al-Imam Ahmad Al-Muhajir ibn Al-Imam ‘Isa Ar-Rumi ibn Al-Imam Muhammad An-Naqib ibn Al-Imam Ali Al-Uraidhi ibn Al-Imam Ja’far Shadiq ibn Al-Imam Muhammad Al-Baqir ibn Al-Imam Ali Zainal Abidin ibn Al-Imam Al-Husain ibn Ali bin Abi Thalib suami dari Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Rasulullah Muhammad Rasulullah SAW.

Baca Juga: Haedar Nashir Klaim Muhammadiyah Bukan Lagi Ormas Islam Nomor Dua di Indonesia

× Image