Home > News

5 Pondok Pesantren Tertua di Indonesia, Cocok Buat Calon Santri

Ponpes Sidogiri salah satu yang tertua di Indonesia dan alumninya telah tersebar di seluruh Indonesia
Aktivitas santri Ponpes Sidogiri (dok. website sidogiri)
Aktivitas santri Ponpes Sidogiri (dok. website sidogiri)

NYANTRI--Jelang memasuki tahun ajaran baru 2023/2024 banyak orang tua yang mencarikan anaknya pondok pesantren. Tak bisa dipungkiri menempa anak ke pondok pesantren tetap menjadi primadona masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Harapannya di pondok pesantren putra-putrinya dapat didik menjadi manusia yang berilmu dan berakhlak.

Perkembangan dunia pendidikan pesantren kian maju dan tak kalah dengan pendidikan umum lainnya. Bahkan pendidikan pesantren lebih unggul karena tidak hanya mengajarkan mata pelajaran umum namun pastinya pendidikan agama sangat ditekankan.

Orang tua biasanya mencarikan pondok pesantren untuk putra-putrinya berdasarkan kualitas sistem pendidikan, sejarah pondok dan pengasuhnya. Namun tak sedikitpula menaruh anaknya ke pondok tertentu sebagai penerus orang tuanya.

Nyantri akan membantu pembaca mengenal beberapa pondok pesantren tua yang mungkin bisa menjadi referensi memondokkan putra-putrinya. Dikutip dari berbagai sumber berikut 5 pesantren tertua di Indonesia:

1. Pondok Pesantren Al Kahfi, Somalangu, Kebumen, Jawa Tengah

Pondok ini didirikan oleh Syekh As-Sayyid Abdul Kahfi Al Hasani dari Hadramaut Yaman pada tahun 1475. Selain mempertahankan sistem pendidikam klasik, di pondok ini juga mengikuti perkembangan zaman yakni menyediakan pendidikan umum yakni SMP, SMA dan SMK.

2. Pondok Pesantren Luhur Dondong, Semarang, Jawa Tengah

Pondok ini didirikan oleh Kiai Syafi’i Pijoro Negoro pada 1609. Di pondok ini santri ditekankan agar menguasai ilmu fikih. Karena itu, pondok cocok jika orang tua ingin putra-putrinya mendalami ilmu fikih

3. Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, Sampang, Madura

Pondok ini berdiri pada 1702 yang dirintis oleh Abdul Alam. Di pondok ini tak hanya mengajarkan pendidikan agama namun juga menyediakan pendidikan umum mulai tingkat MTs hingga perguruan tinggi.

Baca Juga: Doa Pendek Sebelum dan Sesudah Tidur

4. Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon

Pesangtren ini juga menjadi tujuan orang tua jika ingin memondokkan anaknya. Ponpes Babakan Ciwaringin ini berdiri pada 1705 oleh Ki Jatira dengan nama asli Syekh Hasanuddin bin Abdul Latif. Pesantren salah satu yang terbesar di Cirebon bahkan Jawa Barat. Pendidikan di pesantren ini juga tak hanya tentang agama namun juga pendidikan umum.

5. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Alumni dari pondok ini tersebar di seluruh Indonesia. Ponpes Sidogiri didirikan oleh Sayyid Sulaiman pada 1745 M. Selain ciri khas menerapkan pendidikan salaf, di ponpes ini menerapkan pendidikan madrasah.

Artikel menarik lainnya: Tata Cara Shalat Istikhara Lengkap dengan Doanya

MP3 Juice: Download Lagu dari Youtube Mudah dan Cepat, Jadi Primadona

Pentingnya Berdzikir dan Berdoa Sebelum Tidur Menurut Gus Baha

× Image