Home > Agama

Ulama Menganjurkan Perbanyak Baca Shalawat di Hari Jumat, Ini Alasannya

Hari Jumat menurut para ulama adalah hari yang istimewa
ilustrasi 
ilustrasi

NYANTRI--Banyak ulama menganjurkan bersedekah pada hari Jumat. Sebab jumat adalah hari istimewa di antara hari-hari yang lain. Para ulama juga menganjurkan agar memperbanyak ibadah pada hari jumat. Itu sebabnya banyak umat Islam berbondong-bondong bersedakah di hari tersebut.

Namun tahukah Anda mengapa umat Islam dianjutkan untuk bersedekah pada hari Jumat? Mengetahui alasannya sangat penting agar kita tahun landasannya tidak sekadar ikut-ikut saja. Selain sedekah para ulama juga menganjutkan memperbanyak membaca shalawat.

Menurut Imam Syafi’i sebagai dikutip dari laman resmi MUI mengatakan dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang diperintahkan di hari dan malam Jumat” meriwayatkan hadis: “ Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’,” (Imam Asy Syafi’I, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Baca Juga: Penjelasan Di mana Sandal Harus Diletakkan Ketika Shalat Jumat di Halaman Masjid?

Selain itu, bersedekah di hari Jumat pagi dan hari-hari lainnya akan didoakan oleh malaikat. Abu Huraira RA berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak’. Malaikat lain berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah’,” (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu sebagai umat Islam hadis-hadis tersebut seharusnya memacu kita untuk bersedekah khususnya pada hari Jumat. Namun sejatinya bersedekah tak hanya terpaku pada satu hari tertentu saja melainkan Anda dapat kapanpun melakukannya. Bentuk sedekah pun tidak harus dengan barang yang berharga dan banyak. Namun yang penting adalah layak dan bermanfaat kepada sesama.

Artikel menarik lainnya: Langkah Mudah Download Lagu Pakai YTMP3, Cepat dan Gratis

Download Video Instagram Pakai SSSInstagram, Mudah, Cepat dan tak Ribet

Download Musik MP3 Pakai Free MP3/MP4 Downloaders, Mudah dan Jadi Primadona

× Image