Home > Sejarah

Detik-detik Wafatnya Nabi Muhammad, Minta Malaikat Jibril Tanyakan Nasib Umatnya kepada Allah

Nabi Muhammad Wafat pada usia 63 tahun, tepatnya pada Senin, 12 Rabi'ul Awal Tahun 11 Hijriah atau 8 Juni 632 Masehi
ilustrasi Nabi Muhammad
ilustrasi Nabi Muhammad

NYANTRI--Rasululullah SAW wafat pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awal Tahun 11 Hijriah atau 8 Juni 632 Masehi di usia 63 tahun, di Madinah, Arab Saudi. Maka dari itu, hari ini, Kamis, 8 Juni 2023 hari berkabungnya umat Islam wafatnya Nabi Muhammad.

Dalam berbagai sumber disebutkan, sebelum wafat, Nabi Muhammad mengalami beberapa kali sakit seperti demam yang sangat tinggi. Kendati demikian, meskipun dalam keadaan sakit, Nabi Muhammadi tidak melupakan kewajiban shalat. Ia bahkan beberapa kali berjamaah ke masjid.

Ustaz Das’ad Latif dalam sebuah ceremahnya yang diunggah oleh akun youtube DHS Official menceritakan bagaimana detik-detik meninggalnya Nabi Muhammad. Menurutnya, Nabi Muhammad sangat memikirkan umatnya sebelum nyawanya dicabut oleh malaikat. Itu ditunjukkan ketika Nabi Muhammad meminta kepada Malaikat Jibril sebelum nyawanya dicabut agar memohonkan kepada Allah tentang jaminan keselamatan umatnya di akhirat nanti. Sebab Nabi Muhammad tidak rela jika hanya dirinya yang selamat sementara umatnya tidak selamat.

Jibril yang menemani malaikat pencabut nyawa pergi menemui Allah untuk menyampaikan permintaan Nabi Muhammad. Beberapa saat kemudian, malaikat Jibril kembali dan menyampaikan kabar baik kepada Nabi Muhammad.

“Meskipun engkau tidak di tengah-tengah mereka (umat nabi Muhammad), meskipun engkau sudah tidak berada di tengah umatmu, selama umatmu berpegang kepada Quran dan sunnah, mereka akan selamat dunia sampai di akhirat,” kata Ustaz Das’an Latif menceritakan tentang Malaikat Jibril.

Mendengar jawaban Jibril, Nabi Muhammad tersenyum dan memerintahkan kepada malaikat pencabut nyawa agar melaksanakan tugasnya. Malaikat Jibril pun mundur untuk memberikan kesempatan kepada malaikat pencabut nyawa melaksanakan tugasnya.

× Image