Home > Serba Serbi

Cerita Gus Dur Ditagih Biaya Kamar Hotel, Cuma Bayar Pakai KTP

Gus Dur gak pegang uang saat ditagih kasir hotel
Gus Dur
Gus Dur

NYANTRI--Dalam beberapa cerita sahabat-sahabatnya, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah sosok yang usil dan humoris. Banyak dari sahabat-sahabatnya yang menjadi korban usil Gus Dur. Gus Mus, Mahfud MD dan lain sebagainya memiliki banyak cerita lucu tentang Gus Dur.

Tetapi pada suatu waktu, Habib Abu Bakar bin hasan al-Atthas mengusili Gus Dur. Mengutip dari buku karya Abdul Wahid “Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia” kejadian terjadi ketika keduanya menginap di sebuah hotel di Jawa Barat. Habib Abu Bakar ingin menguji ‘kebakhilan’ seorang Gus Dur. Karena yang Habib Abu Bakar tahu mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu selalu meminta dibayari setiap kali menginap di hotel atau tempat makan.

Baca Juga: Gara-Gara Dukhul, Jamaah Haji Indonesia Bikin Raja Arab Tertawa Terpingkal-Pingkal

Apa yang dilakukan Habib Abu Bakar? Dia keluar mendahului Gus Dur ketika tiba waktunya Chek-out. Ini adalah rencana Habib Abu Bakar untuk mengerjai Gus Dur.

“Tolong nanti yang bayar penginapan di kamar nomor ini namanya KH. Abdurrahman Wahid,” kata Habib Abu Bakar kepada kasir hotel.

Tak lama kemudian Gus Dur keluar dengan dituntun dan berjalan kea rah pintu keluar sambil celingukan. Ia mencari Habib Abu Bakar. “Di mana habib itu,” sergah Gus Dur.

Sesaat kemudian langkah Gus Dur berhenti ketika kasir hotel menagih biaya kamar hotel kepadanya. Gus Dur terkejut. Kasir mengatakan bahwa urusan kamar belum beres.

“Maksudnya? Gus Dur bingung

“Pembayarannya belum selesai” jawab kasir hotel.

“waduh..!,” sambil menepuk jidat.

“Mana bawa uang aku. Ya udah utang dulu saja, ya,” tutur Gus Dur sambil menyodorkan KTPnya.

Di depan pintu hotel Habib Abu Bakar yang ada di dalam taxi dengan cekikingan menyaksikan Gus Dur ditagih uang kamar oleh kasir. Ia tampak gembira berhasil mengusili sahabatnya itu. Habib Abu Bakar dan Gus Dur memang sahabat karib sehingga tak ada lagi rasa sungkan di antara keduanya.

Artikel menarik lainnya: Detik-detik Wafatnya Nabi Muhammad, Minta Malaikat Jibril Tanyakan Nasib Umatnya kepada Allah

Pakai Savefrom Download Lagu MP4 Youtube, Mudah Tanpa Aplikasi, Bisa Akses di Android

Download Video Reels Instagram Pakai SSSInstagram, Mudah, Bisa Akses Lewat Smartphone

× Image