Home > Serba Serbi

Cerita Santri Sakit Tiga Hari Setelah Khotbah Jumat di Depan Mbah Moen

Mbah Moen adalah ulama besar dengan yang dihormati semua kalangan. Mbah Moen meninggal pada 2019 di Makkah saat menunaikan ibadah haji

NYANTRI--Siapa yang tidak mengakui kealiman KH Maimoen Zubair. Beliau adalah ulama yang dihormati semua kalangan. Bahkan beberapa ulama menyebutkan bahwa Mbah Moen, sapaan akrabnya adalah waliyullah. Mbah Moen telah melahirkan banyak ulama-ulama besar di Indonesia. Salah satu muridnya adalah Gus Baha.

Mbah Moen meninggal pada 6 Agustus 2019 di Makkah, Arab Saudi, saat menunaikan ibadah haji. Mbah Moen dimakakamkan di kompleks pemakaman Ma'la. Sejak saat itu, makam Mbah Moen tak pernah sepi dari para peziarah, khususnya dari Indonesia.

Ada banyak cerita tentang Mbah Moen yang diceritakan oleh ulama-ulama Indonesia saat berceramah di hadapan jamaah atau saat berbincang-bincang santai. Salah satunya tentang santri yang jadi khatib di hadapan Mbah Moen. Cerita tersebut disampaikan oleh Gus Baha. Begini ceritanya:

Baca Juga: Gara-Gara Dukhul, Jamaah Haji Indonesia Bikin Raja Arab Tertawa Terpingkal-Pingkal

Pada suatu hari, Kusnan, teman Gus Baha dibuat kaget dengan kehadiran Mbah Moen secara mendadak di masjid tempat Kusnan menjadi khatib. Mbah Moen duduk di shaf pertama. Melihat Mbah Moen duduk di shaf pertama, Kusnan pun merasa tidak nyaman karena adanya seorang ulama sekaliber Mbah Moen sekaligus gurunya yang menjadi jamaahnya.

Kusnan pun sakit selama tiga hari setelah menjadi khatib di hadapan Mbah Moen. Ketika sembuh, Kusnan langsung bergegas sowan ke Mbah Moen. Kebetulan, Kusnan masih ada hubungan kerabat dengan Mbah Moen.

“Jangan diulangi lagi ya, Kang. Kalau Jumatan jangan di situ,” Kata Kusnan kepada Mbah Moen.

Sumber: Kajian Cerdas

Artikel menarik lainnya: Gara-Gara Taal, Jamaah Haji Indonesia Bikin Orang Arab Kebingungan

Cerita Gus Dur Ditagih Biaya Kamar Hotel, Cuma Bayar Pakai KTP

Download Lagu MP4 Youtube dengan Savefrom, Mudah dan Cepat Simpannya

Langkah Mudah Download Lagu MP3 Youtube Pakai YTMP3, Gratis Tanpa Instal Aplikasi

× Image