Home > Fiqih

Bolehkah Berdoa Tidak Harus Mengangkat Tangan dan Mengusapkannya ke Wajah?

Banyak yang tidak tahu apa hukumnya mengangkat tangan saat berdoa lalu mengusapkannya ke wajah

NYANTRI--Sudah lazim dilihat setiap aktivitas berdoa, kedua telapak tangan selalu diangkat ke atas sejajar dengan dada. Setelah selesai berdoa ada kebiasaan mengusapkan kedua telapak tangan ke wajah.

Kebanyak dari kita melakukan gerakan itu hanya sekadar mengikuti kebiasaan orang-orang. Sejak kecil ajaran orang tua bahwa berdoa dengan cara mengangkat kedua telapak tangan lalu mengusapkannya ke wajah saat selesai berdoa.

Berdoa merupakan aktivitas individu memohon kepada Allah Swt. Hal tersebut biasanya dilakukan setelah menjalankan shalat, berdzikir atau aktivitas sehari-sehari. Banyak doa-doa yang diajarkan oleh agama di setiap tindakan sehari-hari.

Baca Juga: Cerita Gus Dur Ubah Nama Try Sutrisno Jadi Try Sutrisnul, Bikin Ngakak Momen Makan Bersama

Lalu bagaimana sebenarnya hukum mengangkat doa dan mengusapkannya ke wajah?

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Cholil Nafis menjelaskan hukum mengangkat kedua tangan ke atas lalu mengusapkannya ke wajah adalah sunnah. Itu artinya bagi seseorang yang melakukannya akan mendapatkan pahala dan tak ada konsekuensi jika tak melakukannya.

“Hukumnya adalah sunnah artinya kalau dilaksanakan akan mendapatkan pahala kalau ditinggalkan gak apa-apa. Karena ada perintah hadis kalau kita berdoa hadapkanlah telapak tangannya ke langit dan setelah itu usapkanlah ke wajahnya itu mengikuti sunnah dan perintah rasul,” kata Kiai Cholil kepada nyantri.republika.co.id, Selasa (5/4).

Baca Juga: Download Story Instagram Pakai SSSInstagram, Cepat, Mudah, Tanpa Login

Ia menambahkan diceritakan oleh Ibn Abbas:

“Apabila engkau memohon kepada Allah, maka bermohonlah dengan bagian dalam kedua telapak tanganmu, dan jangan dengan bagian luarnya. Dan ketika kamu telah usai, maka usaplah mukamu dengan keduanya,”.

Artikel menarik lainnya: Cara Cepat dan Mudah Download Lagu MP3 Youtube Pakai YTMP3

Savefrom: Download Lagu MP4 Youtube, Tidak Ribet dan Gratis

MP3 Juice, Cara Cepat Download Lagu Kesukaan dari Youtube

× Image