Home > Serba Serbi

Dari Salma Salsabil Hingga Putri Ariani, Wanita Berjihab Penakluk Panggung Industri Musik

Salma Salsabil adalah juara Indonesia Idol 2023. Putri Ariani mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell di ajang America's Got Talent 2023
Finalis Indonesia Idol 2023, Salma Salsabil dan Nabila Taqiyyah
Finalis Indonesia Idol 2023, Salma Salsabil dan Nabila Taqiyyah

NYANTRI--Munculnya Salma Salsabil dan Nabila Taqiyyah sebagai finalis di ajang pencarian bakat Indonesia Idol 2023 kian menegaskan bahwa wanita berhijab bukan lagi penghalang masuk ke industri musik Indonesia. Mereka tetap tampil mengesankan dan sukses membius penonton di atas panggung dengan keanggunan pakaiannya.

Salma yang keluar sebagai juara adalah wanita kelahiran Probolinggo Jawa Timur. Adapun Nabila yang keluar sebagai runner-up merupakan wanita kelahiran Banda Aceh. Keduanya telah membuktikan bahwa berhijab tetap diterima di industri musik Indonesia.

Tak kalah hebatnya dengan Salma dan Nabila, Putri Ariani, sosok wanita tunanetra berhijab sukses membawa harum nama bangsa Indonesia di dunia internasional. Penampilan putri di ajang America’s Got Talent 2023 memukau juri dan penonton. Ia bahkan mendapatkan Golden Buzzer dai salah satu juri yang terkenal keras yakni Simon Cowell.

Keberhasilan Putri mendapatkan Golden Buzzer menegaskan bahwa wanita berhijab bukan penghalang menjadi bintang. Kemampuan dan talenta tetap nomor satu untuk bisa diterima publik.

Banyak penyanyi-penyanyi Indonesia yang tampil dengan hijab dan sukses diterima oleh publik dan dunia entertainmen. Sebelum Salma, Nabila dan Putri, ada penyanyi berhijab yang memenangkan ajang pencarian bakat yakni Fatin Shidqia Lubis.

Fatin menjadi idola publik setelah sukses menghipnotis di ajang X Factor Indonesia yang keluar sebagai juara pada 2013 lalu. Dengan kemampuan dan skillnya, Fatin tampil pede di setiap penampilannya di atas panggung.

Di luar penyanyi berhijab yang memukau lewat ajang pencarian bakat, ada banyak artis berhijab lebih senior dan mampu bertahan di industri musik Indonesia. Salah satunya adalah Tantri, vokalis band Kotak. Penyanyi yang memiliki nama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari memutuskan berhijab karena ingin berubah menjadi lebih baik.

Meski tampil dengan penampilan barunya, masyarakat tetap menerimanya. Ia bahkan tak kekurangan pekerjaan kendati memutuskan tampil di atas panggung dengan berhijab. Nama-nama di atas membuktikan bahwa berhijab bukan menjadi halangan bagi siapapun untuk berkarya di industri musik dan dunia panggung.

× Image