Home > News

Muhammadiyah Akan Gelar Munas Tarjih ke-32, Ini Agenda Lengkapnya

Munas Tarjih ke-32 akan membahas berbagai tema dan akan dihadiri banyak tokoh
Jumpa pers Munas Tarjih ke-32, Rabu (21/2/2024). Dok republika
Jumpa pers Munas Tarjih ke-32, Rabu (21/2/2024). Dok republika

JAKARTA,NYANTRINEWS.ID,--Pengurus Pusat Muhammadiyah akan menggelar Munas Tarjih ke-32 pada 23-25 Februari 2024 di Pekalongan, Jawa Barat. Sejumlah agenda penting akan dibahas dalam Munas Tarjih ke-32.

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Hamim Ilyas menjelaskan penunjukan Pekolangan sebagai lokasi Munas Tarjih sebagai bentuk penghargaan terhadap sejarah berdirinya Majelis Tarjih pada tahun 1927, yang merupakan hasil dari Kongres Muhammadiyah ke-16.

Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, tema besar yang diusung pada Munas ini adalah “Meneguhkan Islam Berkemajuan dalam Membangun Peradaban Semesta”. Hamim mengatakan Munas Tarjih ke-32 akan dimulai dengan dua Seminar Nasional.

Seminar pertama, dengan tema “Pengaruh Gagasan Integrasi Islam dan Sains pada Produk Ijtihad Kontemporer”, akan dihadiri oleh narasumber utama seperti Prof Syamsul Anwar, Prof Mulyadhi Kartanegara, dan Prof Agus Purwanto. Sementara itu, Seminar kedua akan membahas “Dinamika Pengembangan Manhaj Istinbat Hukum Islam dalam Merespon Problematika Kontemporer”, dengan narasumber antara lain Prof Al Yasa’ Abu Bakar, Prof Jaih Mubarok, dan Prof Euis Nur Lailawati.

"Sebagai forum tertinggi di Muhammadiyah yang membahas masalah-masalah keagamaan," ujar Hamimi saat jumpa pers, Rabu (21/2/2024).

Ia mengatakan Munas Tarjih ke-32 mengundang ulama, tokoh, pakar, pemikir, dan intelektual dari kalangan Muhammadiyah untuk berpartisipasi dalam ijtihad jama’i. Keragaman peserta diharapkan membawa kekayaan perspektif agar menghasilkan keputusan yang tidak hanya maslahat namun juga mengayomi semua pihak.

Para peserta diharapkan akan membahas tiga topik penting, yakni Pengembangan Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Fikih Wakaf Kontemporer, dan Pengembangan Pedoman Hisab Muhammadiyah tentang Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT).

Dengan menyoroti ketiga materi ini, Munas Tarjih ke-32 diharapkan dapat memberikan sumbangan signifikan terhadap pemikiran keislaman, peradaban Islam, dan pengembangan Muhammadiyah sebagai organisasi yang berperan dalam menyuarakan perspektif keagamaan.

× Image