Home > Serba Serbi

Pesan Mbah Moen Kalau Gak Punya Duit Bulan April, "Inna lillahi wa inna ilahi roji'un"

Bulan April merupakan bulan istimewa di mata Islam
Keterangan: Mbah Moen duduk di kursi roda
Keterangan: Mbah Moen duduk di kursi roda

NYANTRI--Halo sahabat semua. Sudah masuk bulan April lagi. Penulis jadi teringat ceramah almarhum KH. Maimun Zubair tentang bulan April. Pasalnya, menurut ceramah Mbah Moen jika seseorang memegang uang di bulan April maka akan memiliki uang sepanjang tahun. Pun sebaliknya jika tak memiliki uang di bulan April maka kemungkinan akan tak punya banyak uang sepanjang tahun.

Tentu pernyataan tersebut tidak bisa memaknai mentah-mentah oleh orang awam. Karena bisa jadi apa yang disampaikan Mbah Moen hanya sebuah candaan di atas panggung. Namun yang pasti, Mbah Moen mengatakan April merupakan bulan yang mulia karena nabi Muhammad dilahirkan di bulan April.

“Bulan April itu bulan untuk penilaian, April itu sesudah bulan Maret. Maret itu sesudah artinya diketahui hasil penen padi. Sehingga kalau bulan April sugih (kaya), bawaan sugih, tapi kebalikan kalau April kok gak duwe duit (gak punya uang) lah ini Innalillahi wa innailaihi rojiun,” kata Mbah Moen.

Ia menjelaskan nabi Muhammad lahir di bulan April sekaligus menjadi lambang membangun dunia. Ia mengatakan ramai dan sepinya dunia dapat dilihat pada bulan April. Selain itu, lahirnya Nabi Muhammad sebagai utusan Allah bukan hanya kepada satu golongan saja tetapi untuk seluruh umat manusia.

Mbah Moen merupakan ulama kharismatik Indonesia asal Rembang, Jawa Tengah pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang,. Mbah Moen tidak hanya menjadi panutan bagi warga Nahdliyyin tetapi umat Islam Indonesia. Mbah Moen wafat di Makkah, Arab Saudi pada 6 Agustus 2019 dan dimakankan di sana.

× Image