Home > Serba Serbi

Humor Gus Dur: Habibie Presiden Ilmuwan, Saya Presiden Wisatawan

Humor ini ketika Gus Dur bertemu dengan Habibie bersama Watik Pratiknja dan Muladi dari The Habibie Center
Keterangan: Habibie dan Gus Dur
Keterangan: Habibie dan Gus Dur

Sumber Foto: NU Online

NYANTRI--Humor Gus Dur tak ada habisnya jika diceritakan dari saking banyaknya. Mantan presiden Indonesia keempat tersebut seperti setiap ke mana ia melangkah dan dengan siapapun ia berbicara, humor tak selalu ia sisipkan. Sehingga banyak orang dari berbagai kalangan senang ketika berkumpul dan mendengarkan cerita-cerita Gus Dur.

Sahabat dekat Gus Dur sekaligus mantan Menteri Pertahanan era Gus Dur, Mahfurd MD menceritakan bagaimana dia membuat mantan presiden BJ Habibie tertawa. Pada suatu hari, ulama yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu bertemu dengan Habibie yang didampingi oleh Watik Pratiknja dan Muladi dari The Habibie Center.

Dalam perbicangan hangat tersebut, cerita tentang Gus Dur yang membuat Presiden Kuba Fidel Castro menjadi pembahasan. Gus Dur diminta untuk kembali menceritakan langsung di hadapan pak Habibie. Cerita itu begitu sangat terkenal. Sosok Castro yang dikenal sebagai presiden garang takluk oleh humor-humor Gus Dur.

Tetapi Gus Dur sebenarnya agak risih dan kikuk untuk bercerita kembali di hadapan Habibie. Sebab di hadapan Castro, Gus Dur mengatakan bahwa Habibie merupakan presiden benar-benar gila. Konteks ketika itu, Gus Dur menyampaikan kepada Casto bahwa semua presiden Indonesia gila.

Gus Dur akhirnya dengan tarpaksa menceritakan kembali humor tersebut di hadapan Habibie. Namun ia sedikit memodifikasinya secara spontan. Di depan Habibie ia menyebut Presiden pertama Soekarno adalah negarawan. Presiden kedua Soeharto, hartawan. Presiden ketiga, Habibie Ilmuwan.

“Sedangkan saya sebagai presiden keempat adalah wisatawan,” kata Gus Dur waktu dikutip dari buku Karena Kau Manusia, Sayangi Manusia karya Abdul Wahid.

Modifikasi tersebut jelas berbeda ketika di sampaikan di hadapan Castro. Gus Dur menyebut Presiden pertama Soekarno, gila wanita. Presiden kedua Soehato, gila harta. Presiden ketiga BJ. Habibie disebut gila sungguhan. Dan Gus Dur sendiri menyebutnya sebagai presiden yang membuat orang lain gila atau yang memilihnya memang pada gila.

Menurut Mahfud MD Gus Dur selalu mampu membuat tamu asing tertawa ketika mendengar cerita-ceritanya yang berselera humor.

× Image