Home > News

Yuk! Ngabuburit Asik dengan Melihat Pameran Artefak Peninggalan Nabi Muhammad dan Sahabat

PCNU Sleman menggelar ramadhan fest di Sleman City Hall 8 April-8 Mei 2022
Keterangan: Pamflet Ramadhan Fest
Keterangan: Pamflet Ramadhan Fest

Sumber Foto: Istimewa

YOGYAKARTA--Ngabuburit sambil belajar sejarah islam dan Nabi Muhammad SAW, tentu asyik. Apalagi, kegiatan ini dilakukan di sebuah mall yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan tahun 2022. Nah, umat muslim khususnya di Yogyakarta dan sekitarnya dapat belajar sekaligus mengenal berbagai jenis artefak barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Barang-barang bersejarah tersebut dapat dinikmati dalam ajang Ramadan Fest yang di pusatkan di Exhibition Hall Ground Floor Sleman City Hall (SCH), Sleman, Yogyakarta. Ramadan Fest yang diinisiasi oleh Bidang Strategis dan Kerja Sama PCNU Sleman ini dimulai pada 8 April hingga 8 Mei 2022.

Dalam Pameran Barang Peninggalan Nabi Muhammad SAW ini ada 15 jenis artefak yang dipamerkan. Yaitu, rambut Rasulullah SAW, janggut Rasulullah SAW, darah bekam Rasulullah SAW, tanah makam Rasulullah SAW, sandal sahabat, dan bekas tapak kaki unta Rasulullah SAW.

Berikutnya, ada artefak berupa wadah air dari bahan kulit, cemeti, potongan batu pondasi kakbah, potongan batu dinding kakbah, batu sijjil, benang kain selimut Rasulullah SAW, QS Al Fatiha tulisan tangan di daun lontar, QS Yassin tulisan tangan, dan mushaf Al Quran isatbhul.

Wakil Ketua PCNU Sleman Bidang Kajian Strategis dan Kerjasama, Muhammad Alfuniam mengatakan pameran artefak diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bagi santri, pelajar dan masyarakat umum. Mereka bisa mengetahui dan melihat langsung secara detil barang-barang peninggalan nabi Muhammad SAW.

“Apalagi, selama ini masyarakat hanya dapat mengetahui barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW melalui gambar, video dan bacaan cerita buku sejarah. Sekarang, kita bisa melihat langsung artefak. Jadi, pameran ini sebagai wahana edukasi masyarakat,” kata Ni’am dalam keterangan pers yang diterima nyantri.republika.co.id.

Selain pameran artefak, di tempat yang sama PCNU Sleman juga menggelar bazar yang diikuti pelaku UMKM. Kegiatan ini dimulai pada 18 hingga 24 April 2022. PCNU Sleman juga menggelar salat tarawih berjamaah dari tanggal 8 April hingga 1 Mei 2022.

“Kegiatan Ramadan Fest ini bagian dari upaya NU Sleman untuk menghadirkan suasana ramadan yang lebih terasa di mall. Apalagi, mall selama ini image-nya hanya sebagai tempat berbelanja saja. Karena itu, kami mengusulkan ada space khusus untuk jamaah teraweh,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, di tempat yang sama juga akan diselenggarakan buka bersama dan santunan kepada anak yatim. Acara santunan ini akan diselenggarakan pada tanggal 10, 13, dan 21 April 2022.

“Insya Allah, puncak acara pada Nuzulul Quran akan ada ngaji bersama Gus Miftah,” tuturnya.

Niam menjelaskan masyarakat yang ingin ngabuburit sambil belajar mengenal artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW akan dipandu oleh panitia. Tak hanya umat muslim, pameran artefak ini juga dapat dikunjungi oleh umat non-muslim yang ingin melihat dan belajar secara langsung artefak berusia ribuan tahun itu.

× Image