Home > Agama

Ini 3 Keistimewaan Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah sangat dianjurkan dilaksanakan bagi umat Islam
Ilustrasi Puasa Dzulhijjah
Ilustrasi Puasa Dzulhijjah

NYANTRI--Bulan Dzulhijjah salah satu bulan di mana ada hari-hari tertentu yang dinantikan untuk berpuasa. Umat Islam dianjutkan untuk berpuasa Dzulhijjah karena mengandung banyak keistimewaan. Berdasarkan ketetapan pemerintah Indonesia yang menetapkan 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada 20 Juni 2023 maka puasa Dzulhijjah dapat dilaksanakan mulai 20-26 Juni 2023. Dan pada tanggal delapan Dzulhijjah disebut dengan puasa Tarwiyah dilanjut dengan puasa Arafah di hari kesembilan Dzulhijjah.

Dikutip dari NU Online, ada tiga keutamaan dari puasa Dzulhijjah antara lain:

Pertama, bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa Dzulhijjah pahalanya akan dilipatgandakan. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah saw:

“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Trmidzi). Maksud dari sebanding dengan satu tahun puasa pada hadits di atas adalah satu tahun puasa sunnah, bukan puasa Ramadhan (Mula al-Qari’, Mirqâh al-Mafâtîh, juz 3, h. 520).

Baca Juga: Cara Tercepat Download Story Instagram Pakai SSSInstagram, Dijamin Mudah Simpannya

Lanjut ke halaman berikutnya

× Image