Home > News

Tanamkan Nilai Keislaman, Muhammadiyah Resmikan Masjid Ibnu Sina di RSU Muhammadiyah Ponorogo

Peresmian Masjid Ibnu Sina bentuk komitmen Muhammadiyah terhadap nilai keislaman
Ketum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir Meresmikan Masjid Ibnu Sina di Area RSU Muhammadiyah, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (20/2/2024). Dok muhammadiyah
Ketum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir Meresmikan Masjid Ibnu Sina di Area RSU Muhammadiyah, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (20/2/2024). Dok muhammadiyah

PONOROGO,NYANTRINEWS.ID,--Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir meresmikan Masjid Ibnu Sina, di Area Rumah Sakit Umum (RSU) Muhammadiyah, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (20/2/2024). Masjid ini dapat menampung lebih dari 200 jamaah.

Haedar mengatakan Muhammadiyah akan selalu memasukkan nilai-nilai Keislaman di setiap pembangunan apapun termasuk di lingkungan rumah sakit. Karena itu masjid yang dibangun tersebut didirikan.

Baca Juga: Dorong Kemandirian Ekonomi NU, BMT NU Jatim Serahkan Dana Perkembangan NU Rp 5,2 Miliar

“Muhammadiyah bikin rumah sakit, bikin balai kesehatan, tapi ada qimah, ada value, ada nilai yang ada di balik seluruh pergerakan itu, dan nilai itu ialah Islam,” ujar Haedar dalam acara peresmian, dikutip dari Muhammadiyah.or.id

Peresmian Masjid Ibnu Sina sebagai bentuk syukur atas Milad RSU Muhammadiyah Ponorogo yang ke-62. Menurutnya RSU tersebut awalnya adalah Rumah Bersalin 'Aisyiyah Jalan Diponegoro Ponorogo, didirikan pada tanggal 16 Januari 1962.

Baca Juga: Doa Berangkat Kerja

Pendirian fasilitas kesehatan ini diprakarsai oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ponorogo Kota bagian Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO), yang kemudian berkembang menjadi Pembina Kesejahteraan Umat (PKU) di bawah kepemimpinan Almarhum Bapak A. Moein Siroj. Dalam pengelolaannya, RSU Muhammadiyah Ponorogo dibantu oleh Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Ponorogo yang diwakili oleh Ibu Mardioetomo dengan nama Rumah Bersalin PKO Muhammadiyah.

Menurut Haedar, pendirian RSU Muhammadiyah Ponorogo tidak hanya sekadar proyek kesehatan, melainkan wujud konkrit dari peran manusia sebagai khalifah di Bumi. Melalui fasilitas ini, Muhammadiyah berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas, sejalan dengan nilai-nilai Islam yang mendorong kemanfaatan bagi masyarakat.

Baca Juga: Khofifah Apresiasi Dukungan BI terhadap Program One Pesantren One Produk

Haedar berharap RSU Muhammadiyah Ponorogo dan Masjid Ibnu Sina akan terus menjadi jalan sebagai tuga khalifah di muka bumi untuk membawa pencerahan di Ponorogo. Harapan ini mencerminkan tekad Muhammadiyah untuk terus berkontribusi dalam memberikan manfaat dan pencerahan bagi masyarakat, seiring dengan peran manusia sebagai wakil Tuhan di Bumi.

× Image