Home > Sejarah

Seperti di Indonesia, Nabi Muhammad Memakan Kurma dengan Buah-Buahan

Kurma makanan kesukaan Nabi Muhammad.
Buah kurma. Dok. Republika
Buah kurma. Dok. Republika

JAKARTA,NYANTRINEWS.ID,--Buah apa yang paling diburu ketika datang bulan suci Ramadhan? Jawabannya jelas kurma. Buah ini merupakan buah yang disukai Nabi Muhammad SAW. Karena itu muncul penjual kurma musiman di bulan Ramadhan.

Imam Al-Ghazali dalam bukunya Mutiara Ihya 'Ulumudin mengatakan saking sukanya Nabi terhadap kurma, Dia menjadikan buah tersebut sebagai menu pembuka berbuka puasa. Menurut Al-Ghazali, Nabi sering mengonsumsi kurman dengan garam dan al-Qatsa yaitu buah sejenis mentimun.

Baca Juga: Ini Kata Kemenag Soal Meninggalnya Santri Diduga Dianiaya di Pesantren Kediri

Muslim Indonesia terkadang tak hanya mengonsumsi kurma secara langsung sebagai menu pembuka membatalkan puasa. Tetapi banyak yang mengolahnya menjadi makanan atau minuman dengan campuran berbagai macam bahan lainnya.

Hal tersebut rupanya pernah dilakukan oleh Nabi juga dimana pernah mencampurnya dengan susu untuk dijadiman minuman. Dan minuman tersebut disebut dengan al-athyabain yang berati dua yang paling baik.

Baca Juga: 3 Keistimewaan Utama Al-Quran

Sebagaimana yang dilakukan Muslim Indonesia yang mencampur kurma dengan buah, Nabi juga demikian. Sebagaimana hadits dari Sahal bin Sa'ad As-Sa'idi yang berkata, "Rasulullah memakan buah semangka dengan kurma."

Kurma mempunyai khasiat kesehatan yang luar biasa. Dikutip dari situs rumah sakit siloam, menyebutkan setidaknya ada delapan manfaat dari kurma secara kesehatan antara lain, memenuhi asupan gizi, menjaga kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan tulang, mengontrol kadar gula darah, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, baik untuk sistem pencernaan dan membantu kesehatan ibu hamil.

× Image