Home > Agama

Apa Bedanya Balasan Allah atas Kebaikan Orang Beriman dan Kafir?

Kebaikan seseorang baik beriman atau kafir akan mendapatkan ganjarannya di dunia.

Kebaikan yang dikerjakan orang kafir memang tampak seperti kebaikan yang dilakukan orang-orang mukmin. Kebaikan yang dikerjakan orang kafir dan orang mukmin jelas berbeda, meski orang kafir menganggap apa yang dilakukannya untuk umat manusia adalah hal yang baik.

Namun, kebaikan orang kafir selama di dunia itu tertolak di akhirat karena syarat diterimanya kebaikan adalah iman. Sungguh segala hal perhiasan dan harta di dunia amatlah kecil dan tidak ada apa-apanya bagi Allah SWT.

Baca Juga: Khutbah Jumat Tema Menghindari Jahiliyah Gaya Baru

Hadits tersebut juga berisi penjelasan tentang rahmat Allah SWT, dan Dia tidak menzalimi siapapun atas amal shaleh yang telah dikerjakannya. Kebaikan orang beriman dibalas di dunia dan akhirat.

Namun, kebaikan yang dikerjakan oleh orang kafir hanya dibalas di dunia. Mereka diberikan kemudahan di dunia ini, seperti rezeki yang berlimpah dan kemudahan segala sesuatunya.

Hadits itu juga menunjukkan bahwa Allah membalas hamba yang beriman kepada-Nya dengan rahmat, dan membalas orang kafir dengan adil. Dengan demikian, orang kafir di akhirat tidak akan diganjar pahala sedikit pun atas jerih payahnya selama di dunia.

× Image