Home > Agama

Apa Bedanya Balasan Allah atas Kebaikan Orang Beriman dan Kafir?

Kebaikan seseorang baik beriman atau kafir akan mendapatkan ganjarannya di dunia.
Ilustrasi muslimah. Dok republika
Ilustrasi muslimah. Dok republika

JAKARTA,NYANTRINEWS.ID,--Allah SWT sama-sama memberikan balasan atas kebaikan yang dilakukan orang beriman dan kafir. Namun perbedaannya Allah tidak membalas kebaikan satu pun orang kafir di akhir. Ia hanya mendapatkan balasan di dunia.

Dikutip dari republika.co.id, Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

«إِنَّ اللهَ لَا يَظْلِمُ مُؤْمِنًا حَسَنَةً، يُعْطَى بِهَا فِي الدُّنْيَا وَيُجْزَى بِهَا فِي الْآخِرَةِ، وَأَمَّا الْكَافِرُ فَيُطْعَمُ بِحَسَنَاتِ مَا عَمِلَ بِهَا لِلَّهِ فِي الدُّنْيَا، حَتَّى إِذَا أَفْضَى إِلَى الْآخِرَةِ، لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَةٌ يُجْزَى بِهَا»

"Sesungguhnya Allah tidak akan menzalimi orang beriman. Kebaikan seorang mukmin dibalas di dunia, dan diganjar pahala di akhirat. Adapun orang kafir, kebaikannya dibalas di dunia, tetapi di akhirat kebaikannya tidak bisa mendatangkan kebaikan sedikit pun." (HR. Muslim).

Baca Juga: Riset: Alquran Punya Pengaruh Positif terhadap Fungsi Organ Tubuh Manusia

Hadits tersebut memberi pesan bahwa Allah SWT tidak akan menghalangi seorang mukmin dari amal kebaikan yang dikerjakannya. Allah tidak akan mengurangi atau menghalangi ganjaran pahala untuknya di akhirat.

Karena amal kebaikan yang diperbuat orang beriman itulah, dia akan diberi kebaikan di dunia, keberkahan pada keluarga dan hartanya, dicabut kesengsaraannya, diluaskan rezekinya, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Allah SWT juga membalas amal kebaikannya selama di dunia dengan pahala di akhirat kelak.

Adapun kebaikan yang dikerjakan orang kafir selama di dunia, Allah SWT membalas kebaikan tersebut. Orang kafir diberi balasan atas segala kebaikannya yang dilakukan di dunia.

Baca Juga: Cerita Haedar Nashir tak Berkutik Harus Menerima Lahirnya Buku "Jalan Baru Moderasi Beragama"

Namun, di akhirat, mereka tidak mendapatkan apa-apa atas kebaikan yang dikerjakannya selama di dunia. Tidak ada pahala atau amal kebaikan yang dapat menyelamatkannya dari siksa di akhirat kelak.

× Image