Home > Agama

Riset: Alquran Punya Pengaruh Positif terhadap Fungsi Organ Tubuh Manusia

Hasil riset ini telah dipresentasikan dalam konferensi tahunan ke-17 Ikatan Dokter Amerika, di Saint Louis, Missouri, Amerika Serikat.

Sebagai informasi, tubuh manusia diliputi medan elektromagnetik berupa bias cahaya yang tidak terlihat. Medan cahaya ini sekarang dapat dipotret secara elektrik dengan Kirlian Photography.

Penelitian ini melakukan 210 kali eksperimen kepada responden. Para responden dalam keadaan santai dan mata tertutup, diminta mendengarkan Alquran sebanyak 85 kali eksperimen, bacaan teks berbahasa Arab sebanyak 85 kali eksperimen, dan pada 40 kali eksperimen berikutnya tidak mendengarkan bacaan apa pun.

Baca Juga: Ponpes Nuu Waar Al Fatih Kaffah Akan Sambut Ramadhan dengan Kemeriahan Alquran

Kemudian bacaaan Alquran dan bacaan teks berbahasa Arab diperdengarkan kepada responden dengan kesamaan instrumen dari aspek lafal, tatanan pengucapan dan melodi. Sehingga responden tidak bisa membedakan keduanya, karena memang responden tidak bisa berbahasa Arab.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan bacaan ayat suci Alquran memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan ketegangan urat saraf reflektif. Hasil ini tercatat dan terukur secara kuantitatif dan kualitatif oleh sebuah alat berbasis komputer.

Baca Juga: Ini Doa Nabi Isa Memohon Rezeki yang Ada di Alquran

Pengaruh yang terjadi menunjukkan adanya sejumlah perubahan arus listrik di otot, perubahan daya tangkap kulit terhadap konduksi listrik, perubahan pada sirkulasi darah, perubahan detak jantung, dan kadar darah pada kulit.

Perubahan tersebut menunjukkan adanya relaksasi atau penurunan ketegangan urat saraf reflektif yang mengakibatkan terjadinya pelonggaran pembuluh nadi dan penambahan kadar darah dalam kulit, diiringi dengan peningkatan suhu kulit dan penurunan frekuensi detak jantung.

Baca Juga: Seperti di Indonesia, Nabi Muhammad Memakan Kurma dengan Buah-Buahan

Adapun seperti diketahui, bahwa stres berpotensi menurunkan imunitas tubuh. Meningkatnya stres akan menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh nadi sehingga kadar darah yang mengalir di pembuluh nadi kulit pun akan turun. Begitu juga tingkat suhu kulit, sementara detak jantung akan semakin cepat.

Dengan adanya hasil eksperimen komparatif tersebut, kesimpulan awal dapat diperoleh bahwa mendengarkan ayat suci Alquran mempunyai dampak positif yang signifikan terhadap perubahan fisiologi dan psikologi manusia.

Dengan demikian, kemajuan ilmu pengetahuan telah mengungkap bahwa Alquran memiliki efek penyembuhan bagi manusia, meski hanya mendengarkannya. Kemajuan teknologi telah mendeteksi secara akurat bahwa mendengarkan ayat-ayat Alquran dapat merelaksasi saraf reflektif, memfungsikan organ tubuh, serta memberikan aura positif pada tubuh manusia.

× Image